Jenis-Jenis Martabak Yang ada di Medan

Bicara martabak, orang-orang pasti lebih identik dengan daerah Bangka atau Bandung.

Namun kalau bicara sentra martabak, Medan agaknya lebih menyandang predikat tersebut.

Sebagai melting pot (kota pertemuan orang dari latar belakang suku dan etnis berbeda) di Sumatera, Medan punya banyak jenis martabak.

Ada Beberapa martabak yang mudah sekali dibeli di Medan. Martabak ini dijual dari pagi sampai malam hari.

Berikut ini adalah jenis martabak di Medan.

1. Martabak manis

Martabak manis di Medan tak ada beda dengan daerah lain. Bentuknya sama dengan martabak dari Bangka dan Bandung. Martabak manis terkenal tebal, bertekstur unik layaknya sarang lebah dan empuk.

Isian paling standar adalah wijen, tetapi sekarang semakin banyak isi yang kekinian dengan cokelat ternama, green tea, dan masih banyak lagi.

Bahkan adonan martabak kini juga semakin beragam, dari rasa orisinal, red velvet, green tea, talas, dan lainnya.

2. Martabak piring

Martabak piring sejatinya adalah martabak manis, tetapi yang unik adalah wadah untuk memasak.

Jika martabak manis pada umumnya menggunakan wajan datar khusus martabak, ini justru menggunakan piring seng zaman dulu.

Untuk itu martabak piring punya bentuk dan tekstur yang cukup unik. Pilihan martabak piring biasa daa dua, yang tebal dan tipis kering.

Martabak piring tebal juga tidak setebal dan sebesar martabak manis biasa, sedangkan yang tipis kering memiliki tekstur garing. Isiannya sama seperti martabak manis pada umumnya.

3. Martabak telur

Konon martabak telur memiliki pengaruh dari India. Martabak ini lazim dijual di berbagai daerah, dengan isian telur, daging, dan daun bawang yang kemudian dituang ke atas kulit martabak dan digoreng.

Sebagai teman bersantap martabak, ada cuka hitam dan acar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Pempek Paling Legendaris di Palembang

Mencari pempek enak di Palembang adalah hal yang mustahil. Bukan karena tak ada pempek enak di ibu kota Sumatera Selatan tersebut, melainkan karena semua pempek pasti bercita rasa enak. Baik yang dijual di restoran, maupun yang dijajakan di pinggir jalan. Sebelum tiba di Palembang, saya melakukan riset cukup panjang tentang pempek mana yang harus kami […]